Meningkatkan Persepsi Stabilitas & Kredibilitas Marketing Anda
Pada dasarnya manusia mempunyai naluri lebih senang untuk menerima hal-hal yang ‘baik saja’ bagi dirinya sendiri. Baik dalam bentuk visual, suara, rasa, dan lain sebagainya. Sebagai contoh: ada seorang ibu merasa senang jika ia mendapatkan tempat berteduh pada saat dia merasa kulitnya terasa terbakar karena terik matahari langsung. Atau ada seorang anak menjerit ketaku-tan karena melihat adegan yang menye-ramkan waktu nonton film. Ini adalah bagian dari reaksi alami atas pengaruh suatu aksi yang terjadi disekitarnya.
Contoh diatas merupakan persamaan yang terjadi dalam dunia bisnis. Suatu interaksi yang adalah ‘kunci’ antara penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen dalam kegiatan sehari-hari.
Interaksi merupakan satu hubungan dua arah yang saling mempengaruhi, hubungan antara penjual dan pembeli. Cara melakukan interaksi dapat dilaku-kan lewat tatap muka langsung, lewat profil perusahaan, brosur, pamflet dan sejenisnya yang anda sebarkan ke pasar.
Sebagaimana halnya interaksi langsung, dokumen-dokumen tersebut yang anda sampaikan kepada prospek atau klien harus semenarik mungkin. Ingat: prospek membentuk persepsi tentang anda jauh sebelum mereka berjalan menuju kantor anda. Anda akan lebih dinilai profesional jika anda sendiri menampilkan profil anda maupun perusahaan anda sebaik mungkin di hadapan prospek atau langganan anda.
Anda harus menyadari bahwa kesuksesan marketing adalah suatu persoalan membangun persepsi positif dari brand perusahaan atau anda sendiri.
Tips berikut ini akan membantu anda membangun perspsi positif dan meningkatkan kredibilitas perusaha-an atau program marketing anda:
1. Pastikan dokumen-dokuman anda tampil menarik. Jangan menganggap remeh hal ini. Baik berupa proposal, lembaran formulir order, form PO, Invoice, form delivery order dll. Bahkan sebelum prospek-prospek anda membacanya, pemilihan kertas, tata letak tulisan, pilihan bentuk logo, gambar/illustrasi pada halaman sampul depan harus benar-benar memberikan kesan pertama yang menarik pada benak prospek anda.
2. Pergunakan ilustrasi/gambar yang pas sesuai kebutuhan untuk membuat dokumen anda lebih hidup dan menarik, tanpa mempenga-ruhi pesannya. Ingat: Jangan gunakan gambar dari clipart atau repro yang tak jelas sumbernya. Ini mempengaruhi Kredibilitas pada perusahaan anda. Dokumen tanpa gambar terlihat kering dan tidak bergairah.
3. Pertimbangkan dengan baik untuk memilih jenis kertas yang tepat sebelum memutuskan untuk mencetak kertas surat yang ditulis tangan. Kalau disain atau rancangan dengan tepat, tampilannya akan bersih, necis, elegan dan berprofil tinggi sangat membantu meningkatkan citra positif pada brand anda. Untuk hal ini anda dapat menghubungi disainer profesional yang memahami brand komunikasi.
4. Pastikan label alamat dan amplop anda tampil clear-bersih dan kering. Prospek akan segera dan secara tanpa sadar menilai apa yang mereka lihat, sebelum membuka isinya.
5. Kalau mencantumkan harga, usahakan agar harga penawaran anda benar-benar fair dan reasonable. Jangan sampai harga yang anda tawarkan terlampau mahal dibandingkan para kompetitor. Cermati tanggapan prospek ketika anda mendiskusikan problem harga dengannya. Anda harus bisa menjelaskan dasar perhitungannya sehingga benar-benar kelihatan masuk akal dan fair bagi prospek anda.
6. Buatlah nomor kontak telepon yang mudah dihapal oleh prospek. Anda kelihatan lebih mantap, penting dan berpengaruh jika mendapatkan nomor-nomor khusus bagi kegiatan bisnis anda. Misalnya nomor-nomor seperti 024-70222206 dan sejenisnya, yang biasanya selalu menjadi rebutan banyak orang.
7. Buatlah blog atau pasanglah website. Saat ini, jika perusahaan anda tidak mempunyai website prospect, pelanggan atau klien dan juga mitra-mitra usaha anda akan berpikir ada yang salah dengan anda. Dan jika anda masih belum memasang website, pilihlah satu provider, bayarlah satu orang marketing untuk melayani kebutuhan anda di sana. Internet memberikan banyak perubahan dan kemudahan dalam cara anda berbisnis.
8. Pergunakan nama domain perusahaan anda pada website dan alamat-alamat e-mail. Ini merupakan salah satu bentuk promosi tidak langsung.(rudiwibowo@ymail.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar